Header AD

Cara Agar Bebas Finansial

Apa Itu Kebebasan Finansial?

Overview Kebebasan Finansial

Cara agar Bebas Finansial - Financial freedom merupakan dambaan setiap orang yang ada dimuka bumi ini. Siapa yang tidak ingin bisa terus menghasilkan uang sambil rebahan, santai  dan jalan-jalan sesuka hatinya? Mungkin banyak yang mengira bahwa kebebasan finansial adalah sebuah prestasi atau pencapaian, atau orang yang pensiun semuda mungkin karena sudah berkucukupan dan memiliki banyak harta dan kekayaan. 

Nah, Penjelasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara agar bebas finansial yang perlu diketahui bagi Anda yang ingin mencapai bebas finansial dimasa yang akan datang

Secara umum, kebebasan finansial adalah suatu kondisi jika seseorang memiliki kebebasan untuk menentukan keputusan hidupnya sendiri, mampu memenuhi kebutuhannya sendiri (dan keluarganya) tanpa ragu-ragu, bahkan tanpa harus memikirkan uang, karena sarananya cukup banyak untuk semua kebutuhan tersebut. Keadaan ini akan tercapai jika dia sudah mampu memliki penghasilan pasif yang mengalir terus-menerus. Dengan kata lain, tanpa harus aktif bekerja, ia tetap dapat memenuhi kebutuhannya dan assetnya terus bertambah.

Sebagai bahan penambah ilmu pengetahuan Anda tentang finansial, kali ini akan diuraikan bagaimana cara agar bebas finansial yang baik dan benar sehingga dapat menjadi salah satu referensi Anda untuk mencapai finansial yang cerah dan menjanjikan.

Tata Cara agar Mencapai Bebas Finansial

Kehidupan yang mapan adalah impian semua orang. Salah satu indikator bahwa seseorang dapat dianggap mapan adalah ketika seseorang mampu untuk bebas secara finansial. Bebas secara finansial berarti seseorang tidak lagi harus berjuang untuk menghasilkan uang karena uang yang dimilikinya mampu memenuhi gaya hidup yang diinginkan.

Cara Agar Bebas Finansial

Tidak serta merta dapat dikatakan bahwa orang kaya bebas secara finansial jika orang kaya tersebut masih kesulitan atau memiliki kendala dalam kondisi keuangan, terutama ketika mereka terlilit hutang. Lalu apa saja langkah-langkah yang dapat dilakukan seseorang untuk menjadi bebas secara finansial? Berikut akan diuraikan secara lengkap cara agar bebas finansial:

Baca Juga: Bebas Waktu dan Bebas Finansial

1. Menghentikan pengeluran yang tidak diperlukan

Tidak sedikit orang yang membelanjakan uangnya saat mereka cemas, gelisah, tertekan, gengsi, pamer, atau untuk menyenangkan orang lain. Padahal hal seperti itu adalah cara yang sangat tidak sehat dalam menangani masalah keuangan Anda.

Sebaiknya Anda mengatur pengeluaran dan mencatat semua pengeluaran yang dilakukan kalau bisa setiap hari hingga menjadi kebiasaan. Selain menuliskan jumlah uang yang Anda keluarkan, tuliskan juga alasan mengapa Anda membelanjakan uang tersebut. Dengan cara seperti ini, maka uang Anda bakalan lebih terkontrol dengan baik

2. Buat Anggaran bulanan

Langkah selanjutnya adalah membuat anggaran berdasarkan pendapatan Anda, bukan pengeluaran Anda. Dengan begitu Anda tidak akan menghabiskan lebih banyak uang karena anggaran yang dialokasikan setiap kebutuhan pada bulan itu saja.

Jangan pernah menghabiskan lebih banyak uang daripada apa yang dapat Anda hasilkan karena itu akan menciptakan lebih banyak kebutuhan yang tidak penting dan menunjang timbulnya hutang.

2. Lupakan gengsi

Terkadang kita menghabiskan begitu banyak uang untuk sesuatu karena kita ingin mengikuti teman atau tetangga. Sebagian besar dari kita tidak selalu membutuhkan rumah seluas 900 meter persegi ataupun mobil mewah. Rumah dan mobil sederhana sebenarnya cukup untuk kebutuhan hidup. Iklan TV yang memberi kehidupan ini menjadi terlihat seperti berkompetisi untuk membeli barang-barang terbaik dan termahal.

Jadi jangan mudah tergiur dengan hal-hal seperti itu demi mencapai kebebasan finansial. Kita tidak selalu harus melihat apa yang orang lain miliki dan membandingkannya dengan kita punya. Setiap orang memiliki standar hidup dan peluang keuangan mereka sendiri. Jadi akan lebih baik jika Anda memenuhi kebutuhan sesuai dengan kondisi keuangan.

3. Belanjakanlah lebih sedikit daripada yang didapatkan

Langkah ini adalah kunci nyata untuk menghasilkan pendapatan. Pertama, Anda perlu memeriksa pengeluaran Anda dan melihat untuk apa Anda menghabiskan uang sejauh ini. Kemudian Anda bisa memangkas hal-hal yang tidak dibutuhkan dan meminimalisir pengeluaran gaya hidup. Langkah ini tentu saja membutuhkan ketekunan agar bisa berbuah di tahun-tahun mendatang. Perlu dicatat bahwa keseimbangan harus dijaga antara pengeluaran dan pendapatan. Jadi adalah kewajiban untuk menghindari pengeluaran yang melebihi pendapatan jika Anda ingin mencapai kebebasan finansial.

4. Mengontrol penggunaan kartu kredit

Tanpa pemantauan atau pengontrolan diri yang baik terhadap pengeluaran dan pembayaran kartu kredit, pada dasarnya Anda telah membuang banyak uang. 

Untuk memberi Anda kontrol yang lebih baik atas pengeluaran Anda, kami menyarankan Anda menggunakan uang tunai atau kartu debit untuk semua pembelian yang Anda lakukan.

5. Mulailah Menabung

Bukan rahasia lagi bahwa jika Anda ingin mencapai kebebasan finansial, Anda harus mulai menabung. Cara menabung yang paling efektif adalah dengan memiliki rekening tabungan khusus yang tidak dapat ditarik kecuali di saat-saat kritis. Juga, melihat saldo tidak disarankan, karena melihat saldo meningkatkan godaan untuk mengurangi jumlah yang ditabung.

Simpan sesuai dengan keahlian Anda. Jangan terlalu dipaksakan, karena jika sering dipaksa, seseorang tidak akan bisa menyelamatkan. Tentukan berapa banyak gaji Anda yang ingin Anda simpan. Entah 20%, 30%, atau bahkan 50%. Sangat disarankan untuk membagi gaji untuk disimpan secara bertahap.

Misalnya, sisihkan 20% untuk tabungan dalam 3 bulan pertama. Jika Anda merasa dapat menabung sebanyak itu secara nominal, tambahkan lagi porsi tabungan Anda menjadi 30% untuk 3 bulan ke depan. Dan seterusnya.

Untuk pensiun dengan nyaman, Anda harus mampu mengumpulkan tabungan yang cukup.

6. Teruslah belajar dan temukan guru yang tepat

Anda juga dapat menemukan seorang guru yang memiliki kendali luar biasa atas keuangannya dan mulai memperhatikan apa yang dia lakukan.

Jika Anda tidak memiliki guru atau teman dengan kriteria di atas, Anda bisa mendapatkan pendidikan atau pelatihan keuangan yang ditawarkan oleh banyak lembaga nonformal berkualitas tinggi.

Kami berharap melalui pelatihan finansial, Anda akan menerima banyak nasihat dari para guru tentang bagaimana mencapai kebebasan finansial dan membantu dalam mencapainya.

7 Terapkan gaya hidup sederhana

Banyak orang ingin terlihat kaya, jadi semuanya siap membuat orang lain berpikir mereka kaya. Sering kali, orang mengadopsi gaya hidup orang kaya hanya untuk dianggap kaya. Sayangnya, hal ini berdampak negatif pada keuangan.

Mengikuti gaya hidup orang kaya akan menghabiskan banyak uang, malahan hal seperti itu yang menghabiskan uang Anda. Lebih buruk lagi, seseorang berutang hanya karena mereka mengadopsi gaya hidup orang kaya. Alih-alih bebas secara finansial, itu justru dapat menjauhkan seseorang dari kebebasan finansial.

Gaya hidup orang kaya bukanlah salah satu kesenangan di dunia. Bahkan gaya hidup orang kaya dapat menyesatkan seseorang. Ambil Johnny Depp, misalnya. Aktor terkenal itu pernah mendapat masalah hanya karena gaya hidupnya yang mewah. Untuk itu, lebih baik menerapkan gaya hidup sederhana dan menghindari masalah daripada menerapkan gaya hidup mewah yang membawa banyak masalah.



8. Maksimalkan potensi Anda

Apa pun yang Anda lakukan, lakukan dengan sepenuh hati dan semampu Anda. Terlepas dari pekerjaan dan gaji rendah, kerja keras membuat seseorang bebas secara finansial. Seperti disebutkan sebelumnya, kebebasan finansial bukan tentang menjadi kaya, ini tentang hidup cukup.

Ketika seseorang memaksimalkan potensinya, maka prospek karir yang dijalaninya saat ini akan lebih baik. Misalnya, seorang pekerja magang yang sangat berkomitmen pada pekerjaannya dan bekerja keras untuk mencapai potensinya akan cepat diterima sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan. Jika kualitasnya terjaga, karyawan juga dapat dipromosikan dengan cepat.

Seseorang tidak perlu khawatir dengan jumlah makanan yang cenderung sedikit meskipun sudah memaksimalkan potensinya. Pintu penghidupan akan terbuka seiring dengan seseorang yang memaksimalkan potensinya. Makanan bisa datang dari mana saja, bukan?

9. Bersikap Hemat tapi jangan pelit

Mengurangi pengeluaran adalah salah satu cara untuk memudahkan seseorang bebas secara finansial. Pengurangan biaya dapat dilakukan dengan cara yang ekonomis. Namun yang perlu digarisbawahi, tidak perlu pelit dalam menerapkan hidup hemat.

Tidak hanya menjalani hidup hemat, tetapi kebutuhan dasar tidak terpenuhi. Misalnya, jika seseorang hidup hemat, maka orang tersebut akan mengurangi biaya makannya sehingga makanan yang mampu dibelinya tidak akan cukup untuk kebutuhan tubuhnya. Akibatnya, tubuh menjadi sakit dan harus membayar lebih untuk biaya pengobatan. Alih-alih menabung, justru meningkatkan pengeluaran.

Sebaliknya, berhemat berarti memilih barang mana yang benar-benar perlu Anda beli dan mengabaikan barang-barang yang memiliki nilai guna kecil. Kualitas barang yang dibeli juga harus diperhatikan. Barang yang kualitasnya jelek justru cepat rusak, sehingga biayanya naik, baik itu biaya perbaikannya maupun biaya pembelian barang baru.

10. Menghindari Cicilan

Pembayaran secara mencicil merupakan hal yang lumrah di masyarakat. Saat ini hampir semuanya bisa dicicil. Mulai dari rumah, mobil, motor, kulkas, smarthpone, televisi hingga produk-produk elektronik lainnya. Namun, jika Anda ingin bebas secara finansial, sangat disarankan untuk tidak membeli secara mencicil.

Membeli barang secara mencicil dapat meningkatkan biaya hidup. Harga barang cicilan jauh lebih mahal daripada beli cash atau tunai. Selain harga yang lebih tinggi, membeli barang secara mencicil menimbulkan beban keuangan yang harus ditanggung setiap bulannya.

Bahkan, pembelian cicilan pertama akan terasa mudah karena Anda hanya membayar uang muka dan cicilan pertama. Namun lama kelamaan cicilan menjadi beban, karena pembayaran perawatan keuangan baru datang setiap bulan

11. Ketahui situasi keuangan Anda sekarang

Saat Anda menuju tujuan bebas finansial, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mulai dengan meneliti kondisi keuangan Anda saat ini. Ketahui berapa banyak pendapatan yang Anda peroleh secara teratur, berapa banyak utang yang Anda miliki, berapa banyak yang ingin Anda tabung, dan seberapa jauh Anda dari harapan tersebut. Catat situasi keuangan Anda secara detail dan catat juga apakah Anda memiliki berbagai tabungan dan peluang investasi yang menguntungkan.

12. Pandanglah memiliki uang sebagai hal yang positif

Ketika Anda sudah cukup tahu tentang situasi keuangan Anda saat ini, mulailah membangun pola pikir yang benar. Dalam kesulitan keuangan, Anda mungkin selalu berpikir bahwa uang adalah hal negatif yang berbahaya dan terus membebani Anda. Ketahuilah bahwa Anda harus melalui ini dengan melihat uang sebagai sesuatu yang positif.

13. Tuliskan semua tujuan hidup Anda

Agar Anda memiliki motivasi untuk mendapatkan kebebasan finansial, hal berikutnya yang perlu Anda tetapkan adalah tujuan hidup Anda. Misalkan Anda ingin berkeliling dunia suatu hari nanti. Atau bisa jadi bagaimana Anda ingin pernikahannya berlangsung dan berapa biayanya. Ketika Anda melihat angka yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu, Anda akan lebih antusias dan teratur dengan uang Anda miliki.

14. Tuliskan setiap pengeluaran Anda

Cara bebas finansial selanjutnya adalah dengan tidak bebas mengeluarkan uang. Itu berarti Anda perlu mengetahui jenis pengeluaran apa yang paling penting. Catat masing-masing pengeluaran tersebut agar kamu bisa memahami jika ada pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan kamu harus berhenti menabung dan segera mencoba cara selanjutnya.

15. Lunasi semua hutang yang Anda miliki

Jika sebelumnya Anda telah mencatat keadaan keuangan Anda dan menyadari sejumlah hutang yang belum Anda bayar, gunakan penghasilan Anda untuk melunasinya satu per satu. Sebelum mewujudkan berbagai impian Anda, ada baiknya Anda melunasi utang apapun terlebih dahulu. Karena hutang adalah hambatan terbesar menuju kebebasan finansial yang diinginkan.

16. Tambahkan sumber pendapatan lain

Anda dapat menggunakan usia muda dan semangat Anda untuk bebas secara finansial untuk mencari sumber pendapatan lain. Jika Anda memiliki kesempatan, maka manfaatkan kesempatan ini untuk memiliki lebih banyak sumber pendapatan dan lebih dekat dengan kebebasan finansial, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Misalnya, Anda dapat menerapkan berbagai jenis strategi bisnis yang efektif untuk memulai bisnis dan mengembangkannya dengan sukses.

17.Lakukan investasi

Cobalah untuk berinvestasi, meskipun berisiko. Namun kini ada beberapa jenis investasi yang tidak berisiko tinggi. Anda dapat mencobanya di awal. Hal berikut berlaku: semakin tinggi kemauan untuk mengambil risiko, semakin tinggi potensi pengembaliannya.

Oleh karena itu, investasi yang dilakukan sangat bergantung pada profil risiko yang siap Anda terima di masa depan. Untuk keuntungan investasi yang optimal, Anda bisa menginvestasikan uang di berbagai aset seperti emas, reksa dana, saham, obligasi, sukuk, real estate, dan tanah.

Hasil investasi ini akan membantu Anda menyeimbangkan keuangan Anda, dan jika Anda lebih berpengetahuan dan sukses, investasi bahkan bisa menjadi sumber penghasilan utama Anda.

18. Kesabaran dalam mencapai kebebasan finansial

Cara agar bebas finansial yang terakhir adalah sabar. Kesabaran adalah langkah terakhir yang harus diambil, terutama saat berkutat dengan keuangan. Kesabaran akan memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar dan mampu mengambil langkah yang tepat seperti pada contoh di atas.

Jangan berkecil hati jika Anda hanya bisa menabung sedikit dalam beberapa bulan sekarang. Jumlah yang sedikit itu pada akhirnya akan bertambah menjadi jumlah yang besar jika Anda konsisten dan terus melakukannya.

Kesimpulan

Semua orang tentunya sangat mengahrapkan yang namanya bebas finansial atau biasa juga disebut dengan finansial freedom kemerdakaan secara finansial. Namun hal itu tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor terkait tentang baik tidaknya finansial seseorang. 

Untuk mencapai bebas finansial, sudah pasti membutuhkan berbagai cara seperti yang telah diuraikan secara lengkap diatas, seperti mulai menabung, berinvestasi, mencari penghasilan tambahan, tidak boros, tidak berutang dimanapun, serta mengurangi pengeluaran yang tidak penting. 

Dengan menerapkan cara-cara diatas kedalam kehidupan finansial kita, maka tentunya kita akan berpeluang besar mendapatkan yang namanya bebas finansial. Demikian artikel Cara Agar Bebas Finansial ini, semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan Anda dalam dunia keuangan atau finansial.


Sitasi Artikel

Sitasi artikel ini dengan cara:

Ilmu Finansial, 2021. Cara Agar Bebas Finansial. https://www.ilmufinansial.com/2021/08/cara-agar-bebas-finansial.html. Diakses pada tanggal (tanggal akses anda)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 2