Apa Itu Finansial? Penjelasan Mudah Dipahami

Pengertian Finance

Finance atau finansial atau biasa juga disebut keuangan memiliki arti yang luas, tetapi pada dasarnya adalah tentang alokasi dana. Penyaluran dana antara pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan.

Apa Itu Finansial? Penjelasan Mudah Dipahami

Keuangan memiliki kesamaan dengan ekonomi. Dalam ilmu ekonomi kita mempelajari alokasi sumber daya yang terbatas, sedangkan di bidang keuangan kita mempelajari bagaimana sumber daya yang terbatas itu didistribusikan. Kita dapat menganggap keuangan sebagai ekonomi terapan. Contoh keputusan ekonomi di bidang keuangan antara lain mengubah sumber uang dalam bentuk persediaan, membeli mesin produksi baru, menempatkan kelebihan dana ke dalam investasi jangka pendek, dll.

Manajer keuangan selalu membuat keputusan ekonomi. Bagaimana Anda membuat keputusan ekonomi ini? Dengan melihat laporan keuangan tahunan, tentu saja. Laporan keuangan tahunan ini merupakan produk dari ilmu akuntansi. Akuntansi membuat laporan keuangan dari peristiwa masa lalu, tugas manajer keuangan adalah membuat prediksi, prediksi masa depan dari hasil masa lalu. Keuangan melihat ke depan melalui peramalan, analisis masa depan berdasarkan asumsi di masa lalu (peristiwa historis). Bagi seorang manajer keuangan yang baik harus mampu memiliki pemahaman yang baik tentang ilmu akuntansi.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama