Header AD

Bebas Finansial di Usia Muda

Cara Bebas Finansial di Usia Muda

Bebas finansial di usia muda - Mencapai kebebasan finansial di usia muda adalah dambaan setiap orang. Di sini kebebasan finansial berarti Anda tidak perlu lagi khawatir dengan masalah keuangan, berapa pun uang yang Anda miliki. Ya! Konsep kebebasan finansial bukan berarti harus kaya, punya uang berlimpah, atau bebas utang.

bebas finansial di usia muda

Bermimpi bebas dari beban keuangan apapun dari pekerjaan kita saat ini adalah cara yang mesti dilakukan. Bukan hanya pengusaha dan orang kaya saja yang bisa mencapai kebebasan finansial, bahkan kita yang berpenghasilan UMK bisa memimpikan kebebasan finansial secepatnya.

Untuk bisa menutupi kebutuhan makan, transportasi dan sewa rumah meski tidak bekerja, ada hal yang harus dikorbankan. Bagaimana memiliki tekad yang kuat dan disiplin untuk menabung dan berinvestasi.

Rajin menabung adalah langkah pasti yang bisa Anda ambil untuk membebaskan diri dari beban keuangan di masa depan. 

Bagi yang belum menikah, menabung untuk mencapai kebebasan finansial sejak dini bisa dimulai dengan menyisihkan hingga 50 persen dari gaji. Tentu saja, selama Anda tidak memiliki utang tetap dan cicilan yang harus Anda tanggung di kemudian hari.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, Anda bisa menabung untuk mencapai kebebasan finansial sejak dini dengan mengalokasikan dana tabungan hingga 10 persen dari gaji.

Selain menabung, penting juga untuk memiliki aset atau modal aktif untuk berinvestasi misalnya properti untuk disewakan dan masih banyak lagi cara bebas finansial yabg akan diuraikan pada artikel ini tetaplah membaca agar pengetahuan Anda bisa meningkat.

Bebas finansial artinya jika Anda sudah memiliki passive income, yaitu pendapatan di luar pekerjaan yang bisa digunakan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Namun, yang biasanya menjadi pertanyaan di benak banyak orang adalah: mungkinkah mencapai kebebasan finansial sebelum usia 30 tahun? Jawabannya adalah, mungkin! Berikut adalah tips yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa Bebas Finansial di Usia Muda:

Sisihkan sedikit gaji

Ketika Anda berusia 20-an dan masih lajang, Anda benar-benar dapat mengatur gaji Anda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Tentu saja kamu bisa bersenang-senang menikmati hasil pekerjaanmu, tapi jangan lupa untuk menyisihkan gaji yang kamu terima setiap bulannya.

Misalnya, Anda memutuskan untuk menabung 15 persen dari gaji Anda, jadi pastikan untuk melakukannya setiap bulan secara konsisten. Uang ini nantinya bisa dijadikan modal usaha atau investasi sebagai langkah awal menuju kebebasan finansial.

Kenali kebutuhan dan keinginan

Tips bebas finansial di usia muda ini Anda harus menyadari bahwa memenuhi kebutuhan tidak akan pernah menghabiskan uang yang Anda miliki, tetapi memenuhi keinginan dapat dengan mudah menyebabkan kemiskinan.

Menahan keinginan untuk tidak konsumtif sangatlah sulit. Namun, jika Anda ingin mencapai kebebasan finansial di usia muda, Anda harus berusaha menahan diri untuk tidak membeli semua yang Anda inginkan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mampu mengenali, memahami, dan menerima apa adanya kebutuhan Anda, bukan keinginan Anda.

Jangan fokus pada orang lain

Salah satu hal yang mencegah Anda dari kebebasan finansial adalah tergoda oleh properti orang lain atau dipengaruhi oleh pandangan mereka. Melihat teman seusia Anda selalu memiliki ponsel terbaru, bisa membuat Anda tergoda untuk mengikutinya. Atau ketika orang lain bertanya tentang apa yang Anda miliki, Anda termotivasi untuk "menunjukkan diri" dengan membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan. Saat tergoda, pelajari bahwa harga diri dan kekayaan Anda tidak dinilai dari hal-hal yang Anda miliki. Ingat jangan sampai gengsi membunuhmu.

Bijaksana dengan pengeluaran

Untuk mencapai bebas finansial di usia muda, hilangkan semua kebutuhan yang tidak perlu! Pastikan Anda juga bisa membedakan apa itu kebutuhan atau keinginan saja, agar jumlah pengeluaran tidak melebihi pendapatan Anda. Upayakan untuk selalu mengikuti perencanaan keuangan yang telah Anda tentukan.

Buat bisnis sampingan

Jangan langsung berpikir untuk melakukan banyak hal dengan modal yang banyak. Anda bisa memulainya dengan membuat bisnis kecil-kecilan yang sesuai dengan hobi Anda. Jika Anda suka berdandan, Anda dapat berbelanja online di Instagram, marketplace facebook atau di pasar populer yang menjual alat rias lokal yang saat ini sangat populer.

Atau jika Anda menggeluti industri otomotif, Anda bisa mencoba membuka bengkel kecil atau menjual suku cadang. Anda bisa memulai bisnis ini sendiri atau bersama teman-teman Anda.

Siapkan dana darurat

Di masa-masa seperti ini, memiliki dana darurat harus menjadi prioritas dalam rencana keuangan Anda. Dana darurat ini digunakan untuk menghadapi keadaan darurat, seperti kehilangan pekerjaan saat pandemi. Idealnya, dana darurat harus dapat memenuhi kebutuhan Anda dalam 3-6 bulan ke depan. 

Dalam menempuh bebas finansial di usia muda, pastikan dana darurat ini tidak tercampur dengan uang yang biasa Anda gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Jika Anda belum memilikinya, mulailah menabung dana darurat Anda sekarang! Jumlahnya tidak harus besar, yang terpenting adalah Anda menyisihkannya terus-menerus dan tentunya harus konsisten tidak boleh dilewatkan.

Segeralah melakukan investasi

Singkirkan anggapan bahwa Anda masih muda, Anda tidak perlu berinvestasi! Waktu terbaik untuk berinvestasi adalah memulai sedini mungkin. Dengan berinvestasi sedini mungkin, Anda dapat memiliki lebih banyak waktu untuk belajar, gagal, dan mengatasi kesulitan. 

Jika Anda pernah melihat drama Korea berjudul 'Start Up', hati nurani dan keberanian untuk berinvestasi di usia yang sangat mudalah yang membuat karakter bernama Han Ji Pyeong berhasil mencapai kebebasan finansial.

Ada beberapa produk investasi yang bisa Anda pilih, sesuai dengan kebutuhan dan karakter Anda. Salah satunya adalah Reksa Dana.

Tips Bebas Finansial Sebelum Usia 40 Tahun

Upaya mencapai kebebasan finansial bisa dilakukan sejak usia muda. Anda bisa memulainya dengan mempraktikkan kebiasaan yang benar. Tirulah sifat dan pola pikir orang-orang terkenal yang sukses besar di usia muda, seperti Mark Zuckerberg atau Bill Gates.

Berikut beberapa kebiasaan yang mungkin sepele bagi Anda, namun bisa Anda coba untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda.

Berani bermimpi

Kebebasan finansial harus dimulai dengan berani bermimpi. Bayangkan dalam benak Anda apa tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Jika demikian, tetapkan tenggat waktu yang realistis di mana tujuan-tujuan ini harus dipenuhi. Agar lebih fokus, tidak ada salahnya untuk mulai menghilangkan atau menurunkan prioritas berbagai faktor yang dapat mengancam terjadinya kegagalan.

Buatlah rencana keuangan yang jelas

Setelah menetapkan tujuan keuangan yang ingin dicapai, kini saatnya menentukan rencana keuangan untuk mendukung tercapainya semua impian tersebut. Cobalah untuk membuat rencana ini dalam jangka panjang, lengkap dengan perkiraan anggaran.

Anda mungkin ingin membuat beberapa penyesuaian untuk mendukung rencana keuangan Anda. Misalnya, mengubah gaya hidup atau mencari pekerjaan tambahan agar semua rencana yang Anda buat dapat berjalan dengan sempurna.

3. Jangan ragu untuk belajar

Kunci penting untuk mencapai bebas finansial adalah mengetahui dengan tepat bagaimana uang bekerja. Mereka yang memiliki kekayaan melimpah di usia muda seringkali akrab dengan kredit, suku bunga, inflasi, dan lain-lain.

Sangat penting bagi Anda untuk mempelajari berbagai istilah dan fenomena keuangan. Jangan sampai menjadi korban penipuan. Hal-hal tersebut akan menjadi pilar penting dalam upaya mencapai kesuksesan.

Jika Anda merasa kekurangan modal pengetahuan, tidak ada salahnya mengenyam pendidikan di bidang yang mendekatkan Anda pada kebebasan finansial.

4. Sadari pentingnya menabung

Memiliki rekening tabungan khusus untuk keadaan darurat atau mendesak sangatlah penting. Ini dapat membantu Anda melindungi anggaran utama Anda, yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk memenuhi tujuan keuangan Anda.

Selain itu, memiliki kebiasaan menabung juga merupakan hal yang baik. Anda akan menjadi lebih bijaksana dengan membelanjakan uang, yang selama ini sulit dikumpulkan.

5. Percaya kemampuan sendiri

Jika rencana yang Anda buat tidak berjalan seperti yang diharapkan atau bahkan gagal, jangan dibiarkan berlarut-larut. Percaya pada kemampuan Anda sendiri.

Ingatlah bahwa Anda memiliki semua modal yang Anda butuhkan untuk sukses. Karena kesuksesan itu sendiri dimulai dengan pola pikir yang positif.

Ingatlah bahwa jalan menuju kebebasan finansial di usia muda hampir pasti tidak mudah. Tetapi Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk terus mencoba lagi dan lagi.

6. Tutup matamu, tutup telingamu

Maksudnya adalah tidak ada gunanya memikirkan komentar sarkastik atau perilaku negatif dari orang-orang di sekitar Anda. Jangan biarkan pikiran Anda terkuras hanya karena seorang teman muncul dan menunjukkan perangkat atau mobil barunya ke Anda.

Daripada mengeluh atau menyimpan rasa iri, tunjukkan saja jawaban sederhana. Mengangguk dan tersenyum, tetapi ingatlah bahwa kerja keras yang Anda lakukan sekarang akan terbayar di masa depan.

7. Pemeliharaan

Pikirkan semua yang Anda miliki sekarang sebagai aset. Agar aset tetap berharga, pemeliharaan sangat penting dan harus dilakukan.

Jika Anda memiliki sepasang sepatu, pastikan mereka dirawat dengan baik sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli yang baru di kemudian hari.

Lakukan hal yang sama dengan hal-hal lain, seperti laptop, pakaian, kendaraan, dan barang-barang lainnya.

8. Hindari hutang

Sebisa mungkin hindari hutang. Menurut ekonom Brearin Land, utang adalah salah satu faktor yang menyebabkan orang kehilangan kebebasan dan waktu.

Dengan adanya kewajiban untuk melunasi hutang, seseorang akan dipaksa untuk mendedikasikan lebih banyak waktu untuk bekerja. Bahkan terkadang mereka harus bekerja lembur.

Tanpa hutang, Anda akan dapat mencurahkan pikiran dan energi Anda untuk hal lain yang lebih produktif. Misalnya, buat rencana bisnis Anda sendiri atau pelajari hal-hal baru untuk menambah nilai bagi diri Anda sendiri.

9. Bantu orang lain

Kebebasan finansial bukan hanya tentang Anda. Bahkan pengusaha kelas dunia yang sukses tahu bahwa uang tidak bisa menjadi tujuan utama dalam hidup.

Itulah sebabnya mereka sering tidak segan-segan merogoh kocek dalam-dalam, untuk berdonasi atau membantu orang lain. Pola pikir seperti ini patut diteladani bagi Anda yang juga berniat meraih kebebasan finansial di usia muda.

Kesimpulan

Pada dasarnya semua orang memiliki kemungkinan mencapai kebebasan finansial di usia muda. Hal itu dapat dilihat dari kebiasaan yang mereka lakukan, pengetahuan keuangan yang mereka miliki, kerja keras dan sikap konsistensinya. Demikianlah artikel tentang Bebas Finansial di Usia Muda, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang ilmu finansial.

Sitasi Artikel

Sitasi Artikel ini dengan cara:
Ilmu Finansial, 2021. Bebas Finansial di Usia Muda. https://www.ilmufinansial.com/2021/09/bebas-finansial-di-usia-muda.html. Diakses pada tanggal (tanggal akses anda)



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 2